Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budidaya Ikan Cupang Sebagai Potensi Bisnis Sampingan

Para pengagum ikan hias pasti tidak asing dengan ikan ini, sebagian ada yang menyebutnya sebagai ikan petarung, ikan adu, atau yang lainnya tergantung daerah masing - masing .Memiliki nama asli ikan cupang, merupakan jenis ikan hias unik yang terkenal di penjuru Indonesia, dikarenakan memiliki warna yang unik dan beragam coraknya. Tidak mengherankan bila banyak penggemar ikan hias menjadikan ikan cupang sebagai penghias aquariumnya.

Ikan cupang merupakan ikan air tawar, ikan ini berasal dari daerah tropis dan merupakan jenis ikan yang mudah dipelihara, khususnya bagi pemula.Ikan ini banyak terdapat di Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Malaysia dan juga Indonesia. Ikan cupang cukup agresif  dalam  hal mempertahankan dirinya. Selain sebagai ikan hias itu ikan ini sering digunakan untuk ikan aduan.

Budidaya ikan cupang cukup mudah karena tidak memerlukan tempat yang luas serta hemat listrik. Cukup dibuatkan beberapa rak-rak untuk menyimpan akuarium sekitar 20cm atau lebih sedikit. Tiap akuarium untuk satu ekor ikan. Perawatan ikan cupang tidak membutuhkan sistem sanitasi serta aerator yang rumit.

Rahasia utama ikan cupang agar warnanya menarik adalah dengan memberi makan cacing merah. Atau bisa juga dengan serangga lain seperti jentik - jentik , kutu air. Pakan tersebut bisa diperoleh di daerah persawah atau rawa terdekat.

Perawatan yang tidak terlalu rumit, tidak perlu tempat yang luas, dan pakan yang sangat mudah dicari merupakan kelebihan dari budidaya ikan cupang ini.Bagi anda yang tertarik untuk memiliki usaha sampingan tentunya bisa memilih melakukan usaha ini.